5 Cara Alami Membersihkan Paru-Paru Kotor Karena Asap Rokok - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Tuesday, March 31, 2020

5 Cara Alami Membersihkan Paru-Paru Kotor Karena Asap Rokok

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tembakau adalah salah satu pembunuh paling mematikan di dunia, yang menewaskan sekitar 480.000 orang setiap tahun di seluruh dunia. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa nikotin sebenarnya dapat bermanfaat untuk tubuh. Namun sayangnya, ketika dipasangkan dengan tembakau, keduanya dapat bekerja sebagai tim yang mematikan terutama bagi kesehatan Paru-paru! Karena itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagaimana Cara Membersihkan Paru-paru Kotor Karena Asap Rokok? 

Tugas utama paru-paru adalah mengambil oksigen saat Kita menghirup dan melepaskan karbon dioksida saat Kita menghembuskan napas. Karena paru-paru tidak pernah istirahat, maka sangat penting untuk menjaganya tetap sehat. Jika Kamu terlanjur menjadi perokok, atau Kamu sering berada di sekitar perokok, mulailah lakukan gaya hidup yang lebih sehat dengan 5 metode berikut ini:

1. Olahraga
Olahraga Untuk Membersihkan Paru-Paru dari Asap Rokok
Image : shutterstock.com
Olahraga teratur telah terbukti ampuh untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mengurangi risiko berbagai jenis penyakit termasuk stroke dan jantung, dan tentu saja salah satu cara paling bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jika Kamu belum tahu jenis olahraga latihan pernapasan yang bagus untuk paru-paru, Kamu bisa mengikuti cara ini :
  • Berdiri dengan tangan di samping badan, jaga kaki sedikit terpisah, dan rileks. 
  • Ambil napas dalam-dalam beberapa kali, tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut sampai tidak ada udara yang tersisa di paru-paru. 
  • Tarik napas secara perlahan melalui hidung dan biarkan udara segar masuk ke paru-paru yang kosong. 
  • Ambil napas dalam-dalam dan pastikan untuk mengisi penuh paru-paru Kamu dengan udara. Tahan napas selama sekitar 5 detik (hitung perlahan). 
  • Buang napas melalui mulut sampai tidak ada lagi udara yang tersisa. 
  • Kamu bisa mengulangi langkah ke-3 sampai ke-5 sebanyak yang Kamu inginkan.
2. Makanan Anti-Inflamasi

Rokok dan/atau asap rokok dapat penyebabkan peradangan pada saluran udara dan membuat dada terasa berat dan sulit bernafas (sesak). Dan salah satu cara termudah untuk meredakan gejala-gejala ini adalah dengan mengadopsi diet anti-inflamasi.
Membersihkan Paru-Paru kotor dengan Makanan Anti-Inflamasi
Image : shutterstock.com
Makanan yang termasuk ke dalam jenis anti-inflamasi adalah buah-buahan dan sayuran (bayam, kangkung, brokoli, kol, ceri, raspberry, bluberry), biji-bijian, protein nabati (seperti kacang-kacangan), ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan rempah-rempah segar. Sementara makanan yang harus dihindari adalah makanan yang terlalu berminyak, super manis, dan berbagai jenis fast food.

3. Tingkatkan Kualitas Udara

Kita memang tidak memiliki kontrol atas polusi udara luar ruangan, tapi Kita dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan yang sering Kita gunakan dengan cara:
  • Bersihkan dan pel lantai secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu. 
  • Gunakan penyedot debu dengan hisap yang kuat dan filter berkualitas baik untuk memastikan pembersihan yang benar. 
  • Minimalkan penggunaan wewangian yang beraroma kuat. 
  • Hindari menggunakan semprotan aerosol yang sarat dengan bahan kimia. 
  • Gunakan setidaknya dua tanaman di dalam ruangan seperti pakis, daun teratai, pohon bambu, lidah buaya, atau tanaman pembersih udara lainnya. 
Membersihkan Paru-Paru Kotor Karena Rokok
Image : shutterstock.com
  • Pastikan ventilasi ruangan yang memadai. 
  • Gunakan AC berkualitas untuk menjaga tingkat kelembaban yang tepat.
4. Teh Jahe

Jahe adalah ramuan Cina kuno yang telah digunakan sebagai obat herbal selama hampir 2500 tahun. Selain membantu melebarkan paru-paru dan melonggarkan dahak karena merupakan ekspektoran alami yang memecah dan mengeluarkan lendir, teh jahe juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara di paru-paru dan mengurangi risiko penyakit paru-paru kronis seperti asma dan bronkitis.
Minum Teh Jahe Membersihkan Paru-Paru dari Asap Rokok
Image : shutterstock.com
Dengan kata lain, jahe efektif untuk mendetoksifikasi paru-paru dengan menghilangkan polutan dari saluran udara sebelum mengiritasi paru-paru. Selain itu, jahe juga meningkatkan sirkulasi darah dan bahkan membantu dalam pengobatan kanker paru-paru lho. 

Buktinya adalah sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh Anti-Cancer Agents in Medical Chemistry yang menunjukkan efek kemo-pencegahan yang menjanjikan dari ekstrak jahe terhadap kanker paru-paru. Untuk membuat teh jahe, cukup rebus 1 sdt jahe parut ke dalam 1 atau 1 ½ gelas air. Biarkan mendidih selama 10 menit, saring dan tambahkan sedikit perasan lemon atau madu untuk menambah rasa.

5. Peppermint

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology mencatat bahwa sifat anti-kongestif, anti-spasmodik dan ekspektoran minyak peppermint membantu mengendurkan otot polos saluran pernapasan.
Peppermint dapat Membersihkan Paru-Paru kotor karena Merokok
Image : shutterstock.com

Kamu bisa langsung mengunyah 3-5 daun peppermint, atau tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam wadah berisi air panas dan hirup uapnya. Cara lain adalah membuatnya menjadi teh. Untuk membuatnya, tambahkan 1 sendok teh daun peppermint kering ke dalam secangkir air panas, tutup dan diamkan selama 10 menit. 

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok! Kamu bisa mulai menjalani kehidupan yang sehat mulai hari ini dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Mungkin sulit pada awalnya, tapi pada akhirnya semua usaha Kamu tidak akan sia-sia kok. Ingat, tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan Kamu sendiri!

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.