8 Olahraga Sederhana yang Dapat dilakukan di dalam Rumah - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Sehat itu Mahal

Wednesday, April 1, 2020

8 Olahraga Sederhana yang Dapat dilakukan di dalam Rumah

Banyak penelitian ilmiah dan studi yang menyatakan tentang manfaat berolahraga. Tapi sebagian besar orang menganggap bahwa olahraga berarti membeli peralatan mahal atau membayar untuk gym. Belum lagi sulitnya menemukan waktu yang cocok dengan jadwal sibuk harian. Padahal, olahraga lebih sederhana daripada itu lho. 

Dengan hanya menggunakan berat badan Kita sendiri, ada berbagai macam gerakan serba guna yang dapat membantu Kita menciptakan latihan total di rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Kita. Apa saja sih gerakannya? Let's check!

Berikut adalah 8 olahraga sederhana yang dapat kalian praktikkan di rumah :

1. Lompat Tali
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Jika Kamu ingin latihan kardio yang baik dalam hitungan menit, maka cobalah lompat tali. Terlihat mudah dan sederhana tapi hanya sekitar 1 menit melakukannya, Kamu akan merasa seolah kehabisan nafas. Tak percaya? Buktikan sekarang!

2. Stair Stepping
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : google.com
Stair stepping alias naik turun tangga adalah jenis olahraga murah yang bisa Kamu lakukan di rumah bahkan jika Kamu tidak memiliki set tangga. Sebagai gantinya, Kamu bisa menggunakan tumpukan buku besar atau kursi rendah yang kokoh dan cobalah naik turun. Cara ini mungkin tidak akan membuatmu lebih berkeringat sebanyak ketika melakukan lompat tali, tapi cara ini akan menjaga tubuh Kamu tetap aktif dan sehat.

3. Plank

Plank adalah gerakan yang cocok untuk Kamu yang ingin membangun otot inti tapi tidak punya banyak waktu untuk pergi ke tempat fitness. Caranya adalah : Pertama, masuklah ke dalam posisi push-up tapi jangan menekuk lengan. Biarkan lengan lurus ke lantai dan kaki lurus ke belakang. 
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Untuk membuat posisi badan tetap lurus, ganjal ujung kaki Kamu dengan kursi/meja pendek atau gymnastic ball. Pertahankan posisi ini selama 30 detik, dan tambahkan 10 detik setiap hari. Dan lihatlah berapa lama Kamu bisa bertahan.

4. Lari di Tempat

Jika salah satu jenis olahraga yang Kamu sukai adalah lari, tapi karena sesuatu hal Kamu tidak bisa melakukannya di luar ruangan, maka Kamu bisa mengganti gerakan yang sama dengan lari di tempat. Olahraga jenis ini bisa menjaga tubuh tetap aktif tanpa meninggalkan rumah. Detak jantung Kamu juga tidak terlalu tinggi.
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Namun saat berlari di tempat, Kamu harus mengangkat lutut lebih tinggi agar jantung benar-benar terpompa. Untuk melakukan latihan ini, berdirilah di lantai yang rata dan mulailah dengan lari ringan seperti biasa. Kemudian angkat lutut semakin tinggi dan setinggi mungkin yang Kamu bisa.

5. Jumping Jacks
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Jumping jacks adalah latihan seluruh tubuh yang efisien dan dapat dilakukan hampir di semua tempat. Jenis latihan ini adalah  untuk melatih kerja pada jantung, paru-paru, dan otot secara bersamaan. Jumping jacks terdiri dari beberapa jenis gerakan, tapi yang paling mudah adalah: 
  1. Berdirilah dengan kaki lurus dan lengan berada di samping. 
  2. Lakukan lompatan sambil merentangkan kaki selebar pinggul dan bawa lengan ke atas kepala, dengan posisi telapak tangan hampir bersentuhan. 
  3. Lakukan lompatan lagi dengan menurunkan tangan dan satukan kedua kaki. 
  4. Kembali ke posisi awal dan ulangi beberapa kali.
6. Squat 
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Squat adalah latihan kekuatan dengan menekuk lutut dan menurunkan tubuh sambil mempertahankan vertikalitas, dan kemudian kembali ke posisi tegak. Manfaat squat yang paling jelas adalah membangun otot kaki (paha depan, paha belakang, dan betis). Latihan ini juga menciptakan anabolik, yang mempromosikan pembentukan otot di seluruh tubuh dan meningkatkan massa otot.

7. Push-up
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Tak hanya untuk laki-laki, latihan ini juga bisa dilakukan oleh kaum hawa lho, asalkan tidak sedang hamil ya. Latihan ini terbilang sederhana, yaitu:
  1. Mulailah dengan menempatkan tangan di lantai dalam garis lurus dengan bahu. 
  2. Regangkan kaki sepenuhnya ke belakang untuk membentuk garis lurus dengan punggung.
  3. Rentangkan lengan dan tekuk siku hingga menurunkan tubuh sampai tersisa sekitar 2 inch dari tanah. Jika Kamu merasa terlalu sulit, Kamu bisa meletakkan lutut di lantai. 
  4. Ulangi gerakan ini setidaknya hingga 12 kali.
8. Reverse Lunges 
Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah
Image : shutterstock.com
Secara umum, reverse lunges adalah latihan penguatan kaki. Latihan ini membuat kaki secara bersamaan bekerja dengan banyak kelompok otot utama di bagian bawah, termasuk paha belakang, paha depan, glutes, dan betis. Untuk melakukannya, Kamu cukup mengikuti panduan berikut: 
  1. Mulailah berdiri dengan kaki selebar bahu. Letakkan tangan di pinggul atau belakang kepala.
  2. Melangkahlah maju dengan kaki kanan, dan tanam dengan kuat kaki kiri di lantai. 
  3. Tekuk kedua lutut untuk membuat dua sudut 90 derajat dengan kaki Kamu. 
  4. Dalam posisi ini, bahu harus tepat di atas pinggul dan dada harus tegak (tidak condong ke depan atau belakang). 
  5. Dorong tumit kanan untuk kembali berdiri. 
  6. Ulangi gerakan dengan kaki bergantian. 
  7. Lakukan sebanyak yang Kamu bisa. 

Demikianlah artikel tentang 8 Olahraga Sederhana yang Dapat dilakukan di dalam Rumah. Keuntungan lain dari olahraga di dalam rumah adalah persiapan yang dibutuhkan sangat sedikit dan tidak perlu terjebak macet di jalan. Kamu dapat memanfaatkan kiat-kiat olahraga ini ketika sedang terjebak di dalam rumah saat musim hujan atau memiliki aktivitas terlalu padat dan tidak sempat ke luar rumah.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.